Koran Mandarin Harian Indonesia (星洲日报)
Profile Koran Mandarin – Harian Indonesia 星洲日报
Sejarah
& Latar Belakang
Harian Indonesia, koran
berbahasa Mandarin pertama dan terbesar di Indonesia. Pertama kali terbit pada
tanggal 12 September 1966, dikelola oleh Yayasan Indonesia Pers (YIP) . Pada
tahun 2000, pengelolaan, Harian Indonesia diambil alih oleh PT. Emas Indonesia
Duaribu.
Dalam perjalanannya,
kemudian pada tahun 2004 akhir, PT Emas Indonesia Duaribu diakuisisi oleh PT
Abdi Bangsa Tbk (Mahaka Media). Dengan demikian, Harian Indonesia kini berada
di bawah naungan Mahaka Media, bersama sejumlah media lain, seperti Jak TV, Jak
FM (dulu Radio One), Majalah Golf Digest, Majalah A+, Majalah Parents, Mahaka
Advertising, Mahaka Entertainment, Republika dan penerbit buku Republika.
Sejak 1 Desember 2006,
Harian Indonesia tampil dengan wajah baru, yang merupakan hasil sentuhan
kerjasama dengan sebuah koran berbahasa Mandarin terkemuka dan nomor satu di
Malaysia, Sin Chew. Kelompok ini juga memiliki beberapa Koran di sejumlah
Negara seperti Hongkong, Kanada, Toronto, dan New York Dengan sinergi seperti
itu, diharapkan Harian Indonesia tidak hanya mengakar di Indonesia, tapi juga
di kawasan regional, terutama Asean.
Hingga saat ini Harian
Indonesia dengan oplah sebanyak 56.000 per hari, masih merupakan koran
berbahasa Mandarin terbesar di Indonesia. Kehadiran koran berbahasa Mandarin
ini dianggap penting karena diperkirakan lebih dari 12 juta orang Warga Negara
Indonesia keturunan Tionghoa dan masih menggunakan Bahasa Mandarin sebagai alat
komunikasi sehari-hari.
Tabloid
“hi young mandarin” :
Persaingan media massa
yang semakin tajam menuntut semua media harus memberikan service yang semakin
baik kepada pelanggannya. Meski masih menguasai pasar, Harian Indonesia tetap
merasa perlu menjaga ‘kue’ pasarnya agar tidak diambil oleh pesaing. Selain perubahan
wajah dan menjalin aliansi dengan mitra internasional, Harian Indonesia
kemudian menerbitkan tabloid edisi akhir pekan untuk anak muda usia 15-25 tahun
dengan nama: hi young mandarin. Harian Indonesia juga menerbitkan liputan
khusus yang membahas berbagai liputan atau topik yang sedang trend.
Di koran reguler yang
terbit Senin sampai Sabtu, Harian Indonesia juga menyuguhkan pelbagai tulisan
atau liputan menarik tentang dunia kesehatan, pendidikan dan traveling. Bahkan
halaman kesehatan dihadirkan setiap hari mengingat banyaknya permintaan akan
tulisan-tulisan kesehatan. Kalangan Tionghoa terkenal sangat peduli akan
kesehatannya agar bisa tetap berdagang atau berusaha dengan baik..
Ada kebiasaan masyarakat
Tionghoa untuk berlibur di akhir pekan, akhir bulan dan penghujung tahun.
Karena itu, halaman wisata yang terbit setiap hari Jumat dan Sabtu diharapkan
bisa menjadi referensi sebelum berlibur.
Semua perubahan itu
diharapkan bisa memperkuat posisi Harian Indonesia sehingga menjadi
satu-satunya pilihan kalangan Tionghoa di Indonesia. Harian Indonesia, kini dan
terpercaya.
Rubrik yang Paling
Diminati.
1. Kesehatan.
2. Ekonomi
3. Luar Negeri
4. Traveling
5. Pendidikan
6. Budaya
7. Info hotel dan
restoran.
Siapa
Pembaca Harian Indonesia?
Sebagian besar (50%)
pembaca Harian Indonesia berusia 40-50 tahun. Menyusul 35% berusia 30-40 tahun
dan sisanya 15% berusia di bawah 30 tahun.
Pengusaha & Pedagang
44%
Karyawan Swasta 30%
Ibu Rumah Tangga 12%
Mahasiswa 10%
Lain-lain 4%
Distribusi
Sejak terbit pertama
kali pada 12 September 1966, Harian Indonesia sudah menyebar hampir ke seluruh
kantong-kantong pecinan di Indonesia.
Peta
sebaran koran Harian Indonesia:
Jabotabek 43%
Jawa Barat 14%
Jawa Timur 10%
Sumatera Utara 7%
Jawa Tengah 7%
Riau/Batam 5%
Sumatera Selatan 5%
Lampung 3%
Kalimantan 3%
Sulawesi 3%
Pemasang
Iklan di Harian Indonesia:
Karena merupakan koran
Mandarin pertama dan terbesar di Indonesia, memasang iklan di Harian Indonesia
dianggap sangat efektif. Iklan property, perbankan dan travel sangat dominan,
karena sekitar 40 persen pelanggan Harian Indonesia dari kalangan pengusaha dan
pedagang. Mereka sangat membutuhkan informasi dunia bisnis dan tempat liburan.
Kalangan developer atau
perusahaan property yang sering memasang iklan, antara lain, Group Duta
Pertiwi, Gapura Prima, Agung Sedayu, BSD, Lippo Karawaci, Pantai Indah Kapuk,
WTC Mangga Dua, Mega Mall Pluit dan Apartemen Pluit Kencana.
Kemudian perusahaan
property dari Malaysia, Singapura dan Australia juga sering memasang iklan di
Harian Indonesia, antara lain deRoyal Singapura, Park View Malaysia, Vida
Apartemen Singapura, Australia Property, Admore Park Singapura dan Townshend
Singapura.
Dari sektor perbankan,
antara lain, BII, Citibank, BCA, BNI, BRI, Bank Buana, HSBC, Lippo Bank, Permata
Bank dan Bank Mandiri. Iklan biro perjalanan juga sangat menonjol, karena
sebagian besar kalangan Tionghoa senang berlibur. Antara lain iklan Panorama
Tour, Indah Wisata, Setia Tour, Avia Tour, Antar Arah Tour, Panca Tour, Dwidaya
Tour, Virgo Tour dan Interlink Tour. Dari maskapai penerbangan, antara lain
Garuda Indonesia. Viva Macau. Kemudian ada pariwisata Genting Malaysia, dan
kapal pesiar Star Cruise.
Dari sektor hotel dan
restoran, antara lain Hailai Executive, Bali Café, Hanamasa, Pronto, Shanghai
Storm, Teratai Dinsum Hotel Borobudur dan Shanghai Restaurant, Long Beach
Restaurant, Marbella Hotel, Mercure Hotel, Paninsula Hotel, Aston Hotel, Hotel
Asia Singapore. Dari sektor komunikasi ada Nokia, Motorolla, XL dan Esia.
POPULASI
KETURUNAN TIONGHOA DI INDONESIA
POTENSI PEMBACA MANDARIN
• Populasi Tionghoa di
Indonesia sekitar 12 juta (sekitar 4-5% jumlah penduduk Indonesia).
• Hasil riset Nielsen
2007 di 9 kota (Jabodetabek, Bandung, Semarang, Jogyakarta, Surabaya, Denpasar,
Palembang, Medan dan Makasar):
- Yang bisa mandarin
usia 20 – 39 th: 50%; di atas usia 50 th: 50%
- Yang bisa baca tulis:
33% di Jakarta, 27% di Surabaya, 21 % di Medan dan sisanya di 6 kota lain
SEBARAN
DAERAH ASAL KETURUNAN TIONGHOA DI JABODETABEK
• Jakarta Utara:
- Pademangan :
Pontianak, Bangka Belitung.
- Pluit, Muara Karang :
Medan.
- Sunter : Jawa,
Kalimantan.
- Kelapa Gading : Jawa,
Palembang, Padang.
• Jakarta Barat:
- Mangga Besar :
Jakarta, Medan, Kalimantan.
- Glodok : Kalimantan,
Medan.
- Angke : Jakarta,
Medan.
- Puri : Jawa, Bangka
Belitung, Pontianak.
• Jakarta Pusat:
- Pasar Baru :
Kalimantan.
- Senen : Kalimantan.
- Tanah Abang :
Kalimantan.
• Tangerang:
- Serpong : Kalimantan
dan Benteng (asli Jakarta).
- Dadap : Benteng.
• Bogor : Jawa, Jakarta,
Kalimantan.
PETA
SIRKULASI JABODETABEK
• Jakarta Pusat : 31 %
• Jakarta Barat : 26,5 %
• Jakarta Utara : 23 %
• Jakarta Timur : 7 %
• Jakarta Selatan : 5 %
• Bogor : 2,5 %
• Tangerang : 2,5 %
• Bekasi : 1,5 %
• Depok : 1 %
SIRKULASI
HARIAN INDONESIA DI BEBERAPA KOTA BESAR DI INDONESIA
* Jakarta : 23.650
eksemplar
* Medan : 3.850 eksp
* Palembang : 2.750 eksp
* Bandung : 7.700 eksp
* Semarang : 3.910 eksp
* Surabaya : 5.500 eksp
* Pontianak : 1.730 eksp
* Batam : 2.670 eksp
* Lampung : 1.650 eksp
* Makassar : 1.590 eksp
Data
teknis Harian Indonesia:
Koran Reguler:
7 kolom (32,5 cm) dan
tinggi 52 cm.
Tabloid edisi Minggu dan
Edisi Khusus:
6 kolom (26 cm) dan
tinggi 30 cm
Hubungi :
KREATIF MEDIA NUSANTARA ( KREATIF AGENCY)Grand Slipi Tower 5Th FloorJl.Letjen S.Parman Kav.22-24 Jakarta 11480-IndonesiaP. +621 21 22- 298- 66-311 / 22-630-458F. +62 21 298-66-319
Ruko Suryopranoto Harmoni 50AREPRESENTATIVE OFFICE :
Jl.Suryopranoto Harmoni 50AJakarta Pusat 10130P. +62 21 22-630-458P. +621 298-66-319Hotline Direct
08 11 8382 000